Tips Sehat Selama Bulan Puasa Ramadhan



Ramadhan adalah bulan penuh berkah yang setiap setahun sekali dinanti oleh kaum Muslimin di seluruh dunia. Beragam tradisi untuk menyambutnya pun akan mulai terasa ketika seminggu menjelang datangnya. Ada yang menyiapkan diri dengan berbelanja bahan pokok selama sebulan, ada juga yang lebih mempersiapkan kematangan diri dalam beribadah.

Tips Sehat Selama Bulan Puasa Ramadhan

Namun, diantara itu semua, kesehatan adalah yang paling utama. Sebab, puasa dalam keadaan sakit tentu tak akan nikmat rasanya. Apalagi selama sebulan asupan gizi harus tetap dijaga supaya stamina fit dan puasa dijalankan dengan baik. Dan itu memerlukan tips sehat selama bulan puasa Ramadhan.

Tak banyak dari kita yang mempersiapkan kesehatan. Kebanyakan hanya mengandalkan multivitamin saja sebagai pelengkap. Padahal itu belumlah cukup untuk menopang stamina kita agar tetap bugar dan tidak loyo selama menjalankan puasa.

Berikut beberapa tips sehat selama bulan puasa Ramadhan yang bisa Anda lakukan setiap hari bersama keluarga:

  • Mengkonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat yang cukup
  • Mengurangi konsumsi makanan berlemak dan berminyak tinggi, seperti gorengan dan sejenisnya
  • Banyak minum air putih, minimal 2 gelas saat sahur, 4 gelas di malam hari dan 2 gelas saat berbuka puasa. Hal ini akan menghindarkan Anda dari dehidrasi berlebihan.
  • Mengkonsumsi makanan berserat tinggi seperti sayur dan buah-buahan
  • Mengurangi konsumsi minuman berkafein tinggi seperti teh dan kopi, karena akan memicu Anda untuk lebih sering buang air kecil.
  • Saat sahur, sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan terlalu banyak
  • Olahraga ringan secara teratur
  • Boleh mengkonsumsi multivitamin sebagai suplemen pelengkap, namun tidak menjadikannya sebagai makanan pokok. Kalau perlu konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sehingga dokter akan memberikan suplemen sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

Dengan tips sehat selama bulan puasa Ramadhan di atas, semoga ibadah puasa kita semua diterima dan tidak terhalangi oleh gangguan kesehatan.

Recent Articles

Leave a Reply

*

Powered by WordPress · Log in
You might also likeclose