Cara Mengatasi Ruam Popok pada Bayi



Cara Mengatasi Ruam Popok pada Bayi – Memiliki bayi memang sangat membahagiakan. Namun, mengurus dan merawat bayi bukanlah hal mudah. Harus memperhatikan setiap detail yang akan mempengaruhi kesehatannya. Dan salah satu masalah yang biasanya sering terjadi pada bayi adalah ruam popok.

Cara Mengatasi Ruam Popok pada BayiRuam popok atau sering disebut diaper rash adalah kelainan pada kulit bayi karena penggunaan popok. Popok yang digunakan terlalu lama atau bahan kain popok yang tidak aman bisa mnegakibatkan ruam popok. Cara mengatasi ruam popok pada bayi ini antara lain:

  • Pastikan pantat dan bagian kelamin bayi sudah kering benar sebelum dipakaikan popok.
  • Mengganti popok sesering mungkin. Jangan tunggu sampai berjam-jam ketika popok bayi sudah terlihat basah, apalagi sedang mengalami buang air besar.
  • Mencuci pantat bayi yang terkena ruam popk dengan air hangat.
  • Mencuci popok bayi dengan bersih tanpa pemutih dan jika memungkinan dicuci dengan air hangat
  • Tidak memberi bedak pada popok bayi karena akan tergumpal yang akan mengakibatkan infeksi pada kulit bayi

Cara mengatasi ruam popok pada bayidi atas bisa diterapkan pada bayi Anda. Dan perlu diketahui jika bayi sudah mengkonsumsi susu formula maka feses bayi bersifat basa. Hal inilah yang mengakibatkan ruam popok sering terjadi. Apabila cara di atas belum menunjukkan perubahan sebaiknya langsung menghubungi dokter anak di sekitar Anda.

Related Articles

Leave a Reply

*

Powered by WordPress · Log in
You might also likeclose