Cara Mengatasi Batuk Berdahak



Cara Mengatasi Batuk Berdahak memang perlu untuk diketahui. Apalagi jika batuk berdahak datang disaat yang tidak tepat. Misalnya saat Anda harus menghadiri sebuah event atau mungkin menjadi narasumber dalam sebuah seminar/lokakarya.

Batuk berdahak jika tidak diobati akan memberikan infeksi dan radang yang akan bertambah parah. Oleh karena itu, perlu ada penganan khusus tentang cara mengatasi batuk berdahak sebelum batuk semakin parah.

Cara Mengatasi Batuk Berdahak

Adapun beberapa cara mengatasi batuk berdahak yang mudah untuk dilakukan antara lain:

  • Hindarkan diri dari lokasi yang berdebu atau penuh dengan asap kendaraan/rokok. Apalagi jika Anda perokok, sebaiknya dihentikan jika ingin sembuh.
  • Hangatkan tubuh dengan memakai selimut atau sweater
  • Sebaiknya mandi menggunakan air hangat. Air dingin akan memicu untuk batuk. Air hangat juga mampu menjaga tubuh Anda agar tetap hangat.
  • Banyak minum air putih. Memperbanyak minum air putih dimaksudkan agar dahak menjadi semakin encer. Dengan begitu, dahak bisa tereksresi dengan cepat, baik melalui mulut ataupun ikut keluar saat Anda buang air.
  • Istirahat secara teratur. Saat batuk berdahak menyerang, sebaiknya aktivitas dikurangi. Hal ini untuk kembali membuat badan Anda fresh karena letih mengejan saat batuk.
  • Tidak bepergian ke lokasi yang cuacanya dingin. Apalagi bepergian disaat musim hujan. Cuaca dingin akan memperburuk kondisi batuk.
  • Mencoba minum obat batuk berdahak tradisional dengan bahan seperti jahe, daun sirih atau dengan jeruk nipis yang dicampurkan dengan kecap.

Nah, semoga cara mengatasi batuk berdahak di atas dapat memberikan manfaat. Namun mencegah batuk berdahak jauh lebih baik daripada mengatasi.

Related Articles

Leave a Reply

*

Powered by WordPress · Log in
You might also likeclose