Bahan Makanan dengan Asam Folat Tinggi untuk Ibu Hamil



Ketika seorang wanita hamil, tentu asupan gizi harus maksimal agar janin juga bisa mendapatkan manfaatnya. Salah satu jenis bahan makanan yang harus dikonsumsi adalah bahan makanan dengan asam folat tinggi. Asam folat ini sangat berguna untuk mencegah kecacatan pada janin, mengurangi kadar homosistein dalam tubuh (penyebab penyakit jantung), bermanfaat bagi DNA, membantu pembentukan sel darah merah dan juga proses metabolisme tubuh.

Bagi ibu hamil, kebutuhan asam folat adalah 400-500 mikrogram per hari. Sebab kebutuhan asam folat tersebut harus dibagi kepada janin. Sehingga membutuhkan asupan asam folat yang lebih banyak dibandingkan dalam kondisi tidak hamil.

Bahan Makanan dengan Asam Folat Tinggi untuk Ibu Hamil

Beberapa bahan makanan dengan asam folat tinggi yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil, antara lain:

  • Sayuran: untuk bahan makanan dengan asam folat tinggi dalam bentuk sayuran bisa diperoleh dari Bayam, Asparagus, Jagung dan Kentang
  • Buah; asam folat tinggi terdapat pada buah-buahan seperti alpukat, raspberi, stroberi, jeruk dan pepaya.

Tak hanya dalam bentuk sayuran dan buah-buahan saja untuk mendapatkan asupan asam folat. Ibu hamil bisa mendapatkannya dalam beberapa bahan makanan dengan asam folat tinggi lain, seperti roti, hati sapi, sereal dan juga biji bunga matahari.

Kandungan asam folat dari berbagai bahan makanan yang disebutkan di atas beragam sesuai dengan porsi mengkonsumsinya. Ibu hamil boleh memvariasikannya setiap hari agar tidak bosan dan eneg. Misalnya dalam menu sepekan, ibu hamil bisa mengkonsumsi buah dengan asam folat tiga hari dalam sepekan dan sisanya dengan sayur-sayuran. Dan ditambah dengan cemilan bahan makanan lain di luar dari jenis buah dan sayur. Sebab, kebanyakan asam folat juga tidak baik bagi ibu hamil.

Related Articles

Leave a Reply

*

Powered by WordPress · Log in
You might also likeclose